• Pakar SEO Wahyu Blahe

    Pakar SEO Wahyu Blahe

    Sebagian besar pengalaman saya dengan SEO berasal dari menumbuhkan toko saya sendiri, Weave Got It Canada , di mana lalu lintas pencarian organik telah menjadi pilar utama bagi pertumbuhan kami secara keseluruhan. Faktanya, pencarian telah sangat efektif bagi kami sehingga saya tidak harus bergantung pada iklan berbayar sama sekali karena kami telah meningkatkan bisnis kami.

     

    Apa yang saya pelajari adalah bahwa meskipun SEOptimizer pada akhirnya merupakan investasi jangka panjang , pemilik toko baru bisa mendapatkan banyak nilai dengan membangun strategi sederhana dan memastikan etalase mereka mengikuti praktik terbaik yang direkomendasikan. Untuk membantu Anda melakukan hal itu, saya telah menguraikan langkah-langkah yang disarankan untuk memulai dengan daftar periksa yang mudah diikuti.

     

    I. Siapkan alat yang direkomendasikan

    ▢ Siapkan Google Analytics .

     

    ▢ Siapkan Google Search Console .

     

    II Google Search Console

    ▢ Kirim sitemap Anda ke Google melalui akun Search Console yang baru saja Anda buat. Semua toko Shopify secara otomatis menghasilkan file sitemap, yang mencantumkan halaman individual situs web Anda. Peta situs memberi tahu Google dan mesin pencari lainnya tentang organisasi situs Anda. Jika Anda penasaran, pemilik toko Shopify dapat mengakses peta situs mereka melalui [www.yourstore.com/sitemap.xml].

     

    ▢ Gunakan Google Search Console untuk memeriksa kesalahan perayapan. Mesin pencari mengindeks situs web melalui bot yang “merayapi” situs web dan halamannya. Kesalahan perayapan terjadi ketika bot mencoba menjangkau halaman (atau situs) tertentu tetapi gagal. Jika Anda diberitahu tentang kesalahan, berusahalah untuk segera memperbaikinya.

     

     

    Unduh Gratis: Daftar Periksa SEO

    Ingin peringkat lebih tinggi dalam hasil pencarian? Dapatkan akses ke daftar periksa gratis kami tentang optimisasi mesin pencari.

     

    AKU AKU AKU. Penelitian kata kunci

    ▢ Gunakan Perencana Kata Kunci Google untuk menentukan volume pencarian kata kunci dan untuk mendapatkan ide kata kunci. Membiasakan diri dengan Perencana Kata Kunci Google sendiri adalah ide yang bagus. Ketika kami mengatakan mencari "volume," kita berbicara tentang jumlah kasar pencarian bulanan untuk kata kunci tertentu.

     

    Saya juga menggunakan dan merekomendasikan Jasa SEO, tetapi terlepas dari alat kata kunci mana yang Anda putuskan untuk digunakan (ada lusinan), lebih penting Anda menjelajahinya sepenuhnya dan terus mempelajari dasar-dasarnya.

     

    ▢ Memetakan kata kunci ke tipe konten.  Setiap halaman di situs Anda — halaman produk, kategori, posting blog, beranda Anda — dapat memberi peringkat untuk kata kunci yang berbeda. Penelitian kata kunci sebenarnya dapat menginformasikan halaman apa yang harus Anda buat di tempat pertama. Misalnya, beberapa halaman Anda dapat menargetkan pencarian informasi (misalnya "apa itu aromaterapi"), sementara yang lain dapat menargetkan kata kunci dengan volume pencarian yang lebih rendah tetapi itu menunjukkan niat untuk membeli (misalnya "membeli botol aromaterapi").

     

    Pelajari Lebih Lanjut: Blogger Medan : Wahyu Hidayat

     

    IV. Optimalisasi halaman

    ▢ Pastikan Anda menggunakan satu, dan hanya satu, tag H1 pada halaman Anda. Tag H1 (header 1) sering digunakan sebagai judul utama halaman dan biasanya berisi kata kunci utama halaman. Perhatikan bahwa judul halaman Shopify adalah tag H1 default untuk halaman yang dibuat melalui Shopify — hindari menambahkan tag H1 secara manual di tempat lain pada halaman.

     

    ▢ Simpan judul halaman Anda di bawah 60 karakter sehingga tidak terpotong di hasil pencarian. Saat ini, Google secara konsisten menampilkan 50–60 karakter pertama dari sebagian besar judul halaman, jadi selalu sertakan kata kunci utama Anda di dekat bagian awal judul halaman Anda. Juga, ingatlah bahwa Anda dapat menyusun judul halaman Anda agar lebih terlihat seperti daftar daripada judul editorial atau kalimat lengkap — pertimbangkan untuk memasukkan karakter yang sesuai (seperti tanda kurung atau tanda hubung) atau info untuk menyoroti informasi utama.

     

    ▢ Jaga agar meta description Anda tetap kuat dan di bawah 155 karakter. Google telah mengkonfirmasi  bahwa tidak ada jumlah karakter yang tepat untuk deskripsi meta. Penelitian dari Moz menunjukkan banyak deskripsi meta sedang terputus di sekitar tanda 155-160 karakter. Untuk menyesuaikan, sertakan kata kunci target Anda dan salinan terkuat di awal deskripsi meta Anda, dan cobalah untuk tidak melebihi 155 karakter.

     

    Contoh deskripsi meta di hasil pencarian.

     

    Sebagai penyegar, deskripsi meta adalah teks di bawah judul halaman dalam hasil pencarian — salinan yang Anda tulis di sini harus dengan jelas menggambarkan konten pada halaman dan juga cukup menarik untuk mengklik.

     

    ▢ Tuliskan judul halaman yang menarik yang dapat dibaca manusia. Salinan yang Anda tulis untuk judul halaman dan deskripsi meta harus dengan jelas menggambarkan konten pada halaman, termasuk kata kunci penting, dan cukup menarik untuk diklik. Jangan lupa tentang orang-orang yang membaca salinan Anda: Muncul di hasil pencarian hanya bagian dari pekerjaan, karena Anda juga perlu meyakinkan pengguna untuk mengunjungi halaman Anda di atas semua opsi lain yang tersedia.

     

    ▢ Sertakan kata kunci dalam URL halaman Anda. Pemilik toko Shopify harus memperhatikan bahwa judul halaman menjadi URL default. Saya sarankan menyertakan target Anda tetapi menjaga URL pendek dan manis dengan menghindari kata-kata pengisi (perhatikan URL yang kami gunakan untuk posting blog ini).

     

    ▢ Pastikan gambar Anda memiliki tag alt dan nama file deskriptif. Gambar Google sekarang  hampir 23% dari semua pencarian web. Untuk memastikan foto Anda muncul di hasil Gambar, Anda harus memberi nama setiap file gambar sesuatu deskriptif (yaitu jangan beri nama gambar 298343798.jpg) dan menulis tag alt deskriptif yang menjelaskan apa setiap gambar.

     

    Memasukkan teks alt gambar di Shopify.

     

    V. Tautan

    ▢ Buat strategi membangun tautan. Mesin pencari seperti Google menggunakan jumlah, kualitas, dan relevansi tautan ke halaman atau situs web tertentu sebagai faktor peringkat. Anda dapat menganggap tautan sebagai "kutipan" yang membangun kepercayaan di mata mesin pencari. Menurut pendapat saya, cara terbaik untuk mendekati "membangun tautan" adalah dengan fokus pada kemitraan, atau menentukan siapa (penerbit, situs lain di industri Anda) yang dapat Anda berikan dan bagikan nilainya. Jika Anda mengenal blogger kecantikan yang secara teratur meninjau jenis produk perawatan kulit yang Anda jual, pengantar sederhana bisa menjadi awal dari hubungan yang saling menguntungkan.

     

    ▢ Analisis tautan dan sebutan yang diperoleh pesaing Anda. Berkat alat-alat seperti Moz's Link Explorer dan Ahrefs Site Explorer , Anda dapat menjelajahi situs dan halaman apa yang tertaut ke pesaing Anda. Apa yang sangat berguna adalah memahami konteksnya: Mengapa situs ini memutuskan untuk menautkan ke pesaing Anda? Bagaimana dengan halaman yang membuatnya layak tautan? Melihat tren ini — seperti jika toko yang bersaing mendapatkan banyak sebutan dalam panduan hadiah — dapat membantu Anda menemukan ide-ide yang menjadi mitra kerja dan bagaimana Anda dapat memberikan nilai yang cukup untuk mendapat perhatian.

     

    ▢ Cari peluang untuk penyebutan pers. Mulailah dengan membaca panduan kami untuk mendapatkan liputan pers untuk melakukan brainstorming daftar cara untuk mendapatkan sebutan di situs web lain. Jika Anda telah mengambil beberapa daya tarik, lihatlah menggunakan alat pemantauan merek untuk menemukan "tidak terhubung" menyebutkan toko atau produk Anda di situs lain — setelah Anda menerima peringatan, Anda dapat dengan sopan meminta penulis atau publikasi untuk menambahkan tautan .

     

    VI. Konten

    ▢ Mulai merencanakan strategi pemasaran konten dasar. Mengembangkan dan menjalankan strategi pemasaran konten yang lengkap bisa memakan waktu berbulan-bulan, tetapi itu tidak berarti tidak ada latihan sederhana yang dapat membantu Anda memulai:

     

    Brainstorming pertanyaan-pertanyaan pelanggan: Pertimbangkan pertanyaan-pertanyaan apa yang mungkin ditanyakan pelanggan ketika mereka mengetahui kategori produk Anda tetapi tidak diberi informasi dengan sempurna. Misalnya, kami membantu pelanggan memahami berbagai tingkatan ekstensi rambut yang tersedia dan apa yang harus dipertimbangkan ketika memutuskan di antara setiap tingkatan .

    Bantu pelanggan mendapatkan nilai lebih dari produk: Pernahkah Anda memperhatikan berapa banyak toko yang menjual produk makanan juga memiliki resep sederhana untuk memulai? Ini adalah pendekatan cerdas untuk banyak produk — seringkali, pelanggan bukan pengguna ahli dan mungkin tidak memahami tips dan trik yang Anda ketahui untuk mendapatkan hasil maksimal dari pembelian mereka.

    Gunakan penelitian kata kunci untuk mencocokkan pertanyaan dengan istilah pencarian: Tentu saja, gagasan konten harus dipasangkan dengan istilah yang sebenarnya dicari orang.

    Memberi peringkat konten di halaman hasil mesin pencari.

     

    Membantu pelanggan memaksimalkan produk Anda juga dapat mengarahkan pelanggan baru ke situs Anda. Di sini kita melihat peringkat Kettle & Fire untuk "resep sup kaldu tulang."

     

    ▢ Halaman informasi dan posting blog harus bertujuan ~ 500 kata. Konten yang jelas dan ringkas berharga, tetapi biasanya ada panjang minimum yang diperlukan untuk sepenuhnya menjawab pertanyaan dan memiliki kesempatan muncul di hasil pencarian. Sebagian besar pertanyaan memerlukan setidaknya beberapa ratus kata, meskipun perlu diingat bahwa kualitas jauh lebih penting daripada kuantitas.

     

    ▢ Tulis deskripsi produk asli. Semua konten di situs web Anda harus asli dan ditulis hanya untuk toko Anda. Misalnya, jangan gunakan deskripsi produk dari produsen. Menulis deskripsi Anda sendiri juga memberi Anda kesempatan untuk lebih baik menjual fitur dan manfaat produk Anda.

     

    ▢ Pertimbangkan untuk menambahkan ulasan produk ke halaman produk Anda.  95% pembeli membaca ulasan sebelum melakukan pembelian, yang membuat mereka penting untuk membangun kepercayaan. Tetapi ulasan produk juga menyediakan konten tambahan terkait untuk halaman produk Anda, yang dapat membantu mereka memberi peringkat untuk kata kunci ekor panjang. Anda dapat menginstal Ulasan Produk , aplikasi gratis yang dikembangkan oleh Shopify, untuk menambahkan skor ulasan ramah-SEO ke halaman produk Anda. Saya menggunakannya di semua halaman produk saya.

     

    ▢ Gunakan layanan dari Jasa SEO Murah untuk keberlangsungan website Promosio yang Anda punya.

     

    Contoh ulasan pelanggan pada halaman produk.

     

    ▢ Gunakan pengalihan jika perlu. Ketika halaman di situs Anda menjadi tidak aktif — seperti ketika Anda menghapus produk yang dulunya dijual — Anda dapat mengalihkan halaman itu ke halaman lain yang relevan, yang ada di situs Anda, memberi pengunjung tujuan baru dan bukannya tautan "mati" . Untuk menambahkan arahan ulang di Shopify, baca dokumentasi kami tentang cara mengaturnya dengan mudah.

     

    VII. Bangunan reputasi

    ▢ Siapkan bisnis Anda di platform lain seperti Facebook, Twitter, Instagram, dan Pinterest. Saat Anda baru saja membuat merek, mendaftarkan nama Anda di akun sosial akan membantu Anda melindungi identitas Anda, tetapi juga memberi orang tempat untuk menemukan Anda hari ini. Tautkan ke akun sosial Anda dari toko Anda juga, tetapi tetap pada saluran di mana Anda berencana untuk menjangkau dan menjual ke pelanggan potensial .

     

    VIII. Faktor peringkat lainnya

    ▢ Tinjau situs Anda di ponsel. Setiap tema di Shopify Theme Store adalah mobile friendly, tetapi jika Anda tidak menggunakan Shopify, gunakan alat ini untuk melihat tampilannya di perangkat seluler. Semua halaman harus dapat dibaca di ponsel seperti halnya di desktop.

     

    ▢ Pastikan toko Anda cepat. Kecepatan adalah faktor peringkat, untuk pencarian desktop dan seluler . Anda dapat menjalankan situs Anda melalui PageSpeed ​​Insights untuk mendapatkan daftar tweak Google yang direkomendasikan yang dapat Anda buat untuk menyimpan kinerja.

     

    ▢ Jika ragu, lihat praktik resmi yang direkomendasikan Google . Saya selalu mengingatkan pedagang kami bahwa pengalaman pelanggan adalah yang utama, dan tidak setiap saran dari Google cocok dengan praktik terbaik SEO yang berfungsi saat ini. Namun, sebagai aturan umum, pedoman Google dapat membantu Anda menghindari praktik yang dipertanyakan yang mungkin membuat situs Anda dihukum. Jika Anda memiliki keraguan, kunjungi kembali rekomendasi Google.

     

    IX. Buat kurikulum SEO dasar

    ▢ Sering mencari perubahan, jadi tetap terinformasi dengan daftar bacaan. Ada banyak lagi yang harus dipelajari tentang SEO, dan ini adalah disiplin yang melihat banyak perubahan kecil yang sering terjadi ketika teknologi pencarian bergerak maju. Anda dapat memulai dengan mendapatkan pembaruan langsung dari Google dengan membaca Pusat Webmaster mereka  dan publikasi Think With Google .

     

    Ikon Templat

    Kursus Shopify Academy: SEO untuk Pemula Travel Blogger Indonesia

     

    Pengusaha dan pakar Shopify, Casandra Campbell, membagikan kerangka kerja 3 langkah SEO-nya untuk membantu bisnis Anda ditemukan melalui pencarian Google.

     

    Berikan pencari apa yang mereka inginkan dengan banyaknya caption traveling yang keren-keren.

    Sementara cara orang menggunakan mesin pencari akan terus berkembang, satu hal yang akan tetap konsisten adalah mengapa kita repot-repot menggunakan pencarian sama sekali: untuk menemukan hal-hal yang kita inginkan atau mengingat hal-hal yang telah kita lihat.

     

    Satu-satunya strategi SEO yang tak lekang oleh waktu adalah menyediakan pencari dengan apa yang mereka cari. Mesin pencari, dan khususnya Google, pada gilirannya memberi imbalan situs web yang mengingat hal ini. Sebagian besar dari apa yang kami bahas di atas — situs web yang memuat cepat, konten dan salinan yang menarik, deskripsi halaman dan gambar yang jelas — adalah hal-hal yang membuat kehidupan pencari lebih mudah.

     

    Saat Anda membangun situs Anda, pertahankan hubungan ini antara pengalaman pengguna dan optimisasi pencarian. Ketika teknologi pencarian meningkat, kedua hal ini tampaknya berbaris di depan, yang berarti cara termudah untuk menyenangkan mesin pencari adalah dengan memecahkan masalah bagi orang-orang yang menggunakannya. 

     

    Salam, Wahyu BlahePakar SEO Medan | Guru SEO Medan


  • Commentaires

    Aucun commentaire pour le moment

    Suivre le flux RSS des commentaires


    Ajouter un commentaire

    Nom / Pseudo :

    E-mail (facultatif) :

    Site Web (facultatif) :

    Commentaire :